Posted by : WOW !!!!! Sabtu, 03 November 2012


  Masalah lingkungan


Anak perusahaan Sinar Mas Group yang memproduksi minyak sawit, PT SMART TBK, dituduh melakukan deforestasi hutan hujan di Indonesia oleh Greenpeace. Untuk menyelidiki tuduhan ini, Smart Tbk telah menunjuk Control Union Certification dan BSI Group, dibantu dua peneliti dari Institut Pertanian Bogor. Namun Greenpeace menyatakan bahwa mereka tidak pernah menuduh mereka menghancurkan hutan hujan
primer, yaitu kawasan hutan yang tidak pernah terganggu oleh aktivitas manusia.

Unilever

Bulan Desember 2009, Unilever menghentikan pembelian minyak sawit dari PT SMART TBK, anak perusahaan Sinar Mas, karena mereka tidak memberikan bukti yang cukup bahwa mereka tidak terlibat dalam praktik lingkungan bermasalah. Namun, Unilever berencana untuk melanjutkan pembelian minyak sawit jika auditor independen yang dibentuk Sinar Mas dan Unilever menyalahkan tuduhan penghancuran hutan tersebut.

Nestle

Bulan Maret 2010, Nestle menghadapi krisis reputasi publik terhadap penggunaan minyak sawit dari Sinar Mas yang hutan sawitnya menjadi penyebab penghancuran hutan hujan dan habitat orangutan berskala besar. Untuk menghindari bencana reputasi publik, Nestle langsung menghentikan pembelian minyak sawit dari Sinar Mas. Setelah Sinar Mas menunjuk auditor independen untuk menyelidiki masalah ini, Nestle bergabung dengan komite dan akan melanjutkan pembelian dari Sinar Mas jika mereka bebas dari segala tuduhan. In August 2010 the Nestle chairman Peter Brabeck-Letmathe mengatakan bahwa fokus dari perusahaannya telah salah arah. "Anda tahu bahwa bukanlah 350.000 ton minyak sawit Nestle yang mendorong deforestasi di Indonesia, katanya, "tetapi keputusan politik untuk menggunakan makanan sebagai sumber bahan bakar bio. Britania Raya dan Jerman telah mengonsumsi 500.000 ton minyak sawit untuk bahan bakar bio."

Abengoa

Bulan Mei 2010, Abengoa Bioenergy meminta para penyuplai bahan mentahnya untuk memboikot minyak sawit dari perusahaan manapun di dalam lingkup Sinar Mas Group Indonesia sampai perusahaan tersebut dapat membuktikan bahwa mereka memenuhi persyaratan keberlanjutan lingkungan dan sosial Abengoa.

HSBC

Bulan Mei 2010, fokus dari kampanye Greenpeace beralih ke HSBC dengan menyuruh mereka agar menjual saham HSBC di Sinar Mas. Pada Juli 2010, HSBC telah menulis kepada Greenpeace bahwa saham mereka telah dijual.

Carrefour

Tanggal 7 Juli 2010, Carrefour telah mengeluarkan Sinar Mas dari daftar penyuplai produk mereka. “Carrefour sangat berkomitmen terhadap pengembangan berkelanjutan dan telah memutuskan untuk menghentikan suplai APP untuk produk berlabel swasta mulai pertengahan tahun ini sampai waktu yang tidak ditentukan.” kata Manajer Hubungan Masyarakat Carrefour Indonesia, Hendri Satrio.

Burger King

Bulan September 2010, Burger King mengumumkan bahwa mereka tidak lagi membeli minyak sawit dari Sinar Mas. Mereka mengeluarkan pernyataan, "Setelah menyelesaikan pratinjau terhadap laporan verifikasi independen oleh Control Union Certification (CUC) dan BSI Group, kami yakin laporan ini telah memunculkan masalah keabsahan tentang sejumlah praktik keberlanjutan produksi minyak sawit Sinar Mas dan dampaknya terhadap hutan hujan. Praktik-praktik tersebut tidak konsisten dengan komitmen tanggung jawab perusahaan kami."

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Iklan:

Translate

Popular Post

WoW!!!! (http://mulkan35.blogspot.com). Diberdayakan oleh Blogger.

Connect

LIKE :)

- Copyright © WoW!!!! -Metrominimalist- Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -